Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Diketahui bahwa buah dan sayuran terkandung dalam nutrisi tubuh yang sangat sehat. Oleh karena itu disarankan untuk meminumnya setiap hari.

Buah yang sangat populer di kalangan banyak orang adalah buah pir, karena memberi rasa segar saat dikonsumsi. Tahukah Anda bahwa buah pir yang kita konsumsi secara teratur memiliki berbagai manfaat kesehatan yang bersembunyi di balik kesegaran buah pir tersebut.

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

Manfaat buah pir untuk kesehatan
Berikut 10 manfaat atau manfaat pir yang bisa Anda dapatkan jika Anda mengkonsumsinya secara teratur:

1. Kandungan antioksidannya dibandingkan dengan radikal bebas
Para ahli kesehatan mengatakan bahwa pir matang sangat kaya akan antioksidan.

Ketika kita mengkonsumsinya secara teratur, efektivitas pir pada tubuh dalam memerangi berbagai radikal bebas lebih baik. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Innsbruck mengatakan bahwa dari kandungan klorofil pir matang dapat menjadi antioksidan aktif yang sangat baik untuk tubuh kita.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Buah pir sangat kaya akan vitamin C dan vitamin K.

Tingginya kadar vitamin C tentu akan sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh kita dan membantu tubuh untuk menyerap zat besi dengan lebih baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah.

3. Mengurangi risiko kanker
Mengkonsumsi satu buah pir dapat menutupi 8 persen dari asupan vitamin K harian Anda, mengurangi risiko kanker hingga 45 persen.

4. Meningkatkan pencernaan
Pir telah terbukti kaya serat, di mana penyerapan serat larut dan tidak larut dalam pir dapat mencapai 5 gram atau sekitar 20 persen dari kebutuhan serat harian tubuh kita.

Kehadiran serat ini tidak hanya memfasilitasi saluran pencernaan tetapi juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memungkinkan kita untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang menyebabkan berbagai penyakit.

5. Otak yang sehat
Jika kita makan pir berukuran sedang, kita menggunakan tembaga 15 persen (lebih sedikit mineral) setiap hari. Sebuah studi yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas di Missouri (AS) menemukan bahwa kadar tembaga dapat meningkatkan kekuatan sistem saraf dan fungsi otak.

6. menurunkan berat badan
Apakah Anda sedang diet? Ternyata efektivitas pir juga dapat digunakan untuk program penurunan berat badan. Buah-buahan seperti pir dan sayuran, yang tinggi serat, dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan bahkan rendah kalori. Peningkatan asupan serat bermanfaat untuk meningkatkan penurunan berat badan pada individu yang kelebihan berat badan.

7. Mengatasi penyakit kardiovaskular dan kolesterol
Juga telah ditunjukkan bahwa peningkatan asupan serat menurunkan kadar kolesterol. Sebuah tinjauan terhadap 67 studi terkontrol terpisah telah menunjukkan bahwa bahkan peningkatan asupan serat sebanyak 10 gram per hari dapat menurunkan LDL (low-density lipoprotein atau kolesterol “jahat”) dan kolesterol total.

Studi terbaru menunjukkan bahwa serat makanan juga dapat berperan dalam pengaturan sistem kekebalan tubuh dan peradangan dan bahwa manfaat buah pir dapat mengurangi risiko penyakit radang seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan obesitas.

8. Diabetes
Diet kaya serat melalui konsumsi pir dikaitkan dengan risiko diabetes yang lebih rendah dan kadar gula darah yang lebih stabil pada penderita diabetes.

9. detoksifikasi
Pergerakan usus yang teratur dan tepat penting untuk menghilangkan racun setiap hari dari empedu dan feses. Pir mengandung sekitar 84 persen air, sehingga manfaat pir dapat membantu menjaga kotoran tetap lembut dan melindungi sistem pencernaan dari racun.

Baca Juga :

Tags:
About Author: jakart22